Jumat, 21 Agustus 2009

BULAN PUASA TETAP SEMANGAT + Artikel

Walaupun Bulan Puasa tetap semangat...semangat Belajar semangat beribadah..jadi waktunya praktek ya tetep praktek.
Artikel pilihan

Perawatan Sistem Pendinginan

Pendinginan pada motor bakar torak terdiri atas dua cara, yaitu: (a) pendinginan dengan udara, dan (b) pendinginan dengan air. Tindakan perawatan motor bakar torak berpendingin udara lebih mudah dan sederhana dibanding motor bakar torak berpendingin air, karena konstruksinya yang lebih sederhana dan ringan.

Perawatan komponen motor bakar torak berpendingin udara

Perawatab utama pendingin udara yang perlu dirawat adalah: (1) sirip-sirip pendingin (fins), (2) kipas (fan, atau blower), dan (3) penutup (metal cowling). Tindakan perawatan meliputi pembersihan dan penyetelan. Pembersihan kotoran yang menempel dilakukan terhadap sirip-sirip pendingin, kipas, dan penutup, sedangkan penyetelan dilakukan terhadap kipas agar posisi dan gerak berputarnya stabil dan mantap.

Perawatan komponen motor bakar torak berpendingin air

Komponen utama pendingin air yang perlu dirawat adalah: (1) bak (hopper), (2) pelampung (penunjuk tinggi muka air dalam hopper), (3) selimut / jaket air pendingin (water jacket), (4) kondensor, (5) thermostat, (6) radiator, (7) tutp radiator, (8) ventilator, (9) pompa air, (10) kipas, dan (11) tali kipas (fan belt). Tindakan perawatan meliputi pembersihan, penyetelan, dan penggantian komponen.

Pembersihan dilakukan terhadap komponen hopper, water jacket, kondensor, radiator, ventilator, dan kipas. Hopper dan water jacket dibersihkan dengan cara dikuras, kondensor dan radiator dibersihkan dengan cara disemprot dengan air bertekanan tinggi atau menggunakan steam (uap air panas bertekanan tinggi) dan kompresor, sedangkan ventilator dan kipas cukup dibersihkan dengan menggunakan kain lap.

Penyetelan dan penggantian dilakukan terhadap komponen thermostat, tutup radiator, dan tali kipas. Penyetelan dan penggantian thermostat dilakukan apabila suhu air pendingin cepat naik akibat terhambatnya aliran air “panas” melewati thermostat. Penyetelan dan penggantian tutup radiator dilakukan apabila katup (valve) tidak bekerja secara optimal dalam mengalirkan uap dan/atau air “panas” berlebihan ke tabung penampung limpahan (overflow tube), . Penyetelan dan penggantian tali kipas dilakukan untuk menyetel kekencangan tali kipas dan menggantinya bila telah mencapai umur operasionalnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar