Minggu, 11 April 2010

Sistem transmisi



Sistem transmisi, dalam otomotif, adalah sistem yang berfungsi untuk konversi torsi dan kecepatan (putaran) dari mesin menjadi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda untuk diteruskan ke penggerak akhir. Konversi ini mengubah kecepatan putar yang tinggi menjadi lebih rendah tetapi lebih bertenaga, atau sebaliknya.
Contoh transmisi 5-kecepatan pada rpm mesin 4.400

Gir nomor Rasio gir RPM pada
poros keluar transmisi
1 3.769 1.167
2 2.049 2.147
3 1.457 3.020
4 1.000 4.400
5 0.838 5.251
Torsi tertinggi suatu mesin umumnya terjadi pada sekitar pertengahan dari batas putaran mesin yang diijinkan, sedangkan kendaraan memerlukan torsi tertinggi pada saat mulai bergerak. Selain itu, kendaraan yang berjalan pada jalan yang mendaki memerlukan torsi yang lebih tinggi dibandingkan mobil yang berjalan pada jalan yang mendatar. Kendaraan yang berjalan dengan kecepatan rendah memerlukan torsi yang lebih tinggi dibandingkan kecepatan tinggi. Dengan kondisi operasi yang berbeda-beda tersebut maka diperlukan sistem transmisi agar kebutuhan tenaga dapat dipenuhi oleh mesin.  

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_transmisi

Transmisi otomatis


Potongan transmisi otomatis

Gigi planetari pada transmisi otomatis.
Transmisi otomatis adalah transmisi yang melakukan perpindahan gigi percepatan secara otomatis. Untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi otomatis ini digunakan mekanisme gesek dan tekanan minyak transmisi otomatis. Pada transmisi otomatis roda gigi planetari berfungsi untuk mengubah tingkat kecepatan dan torsi seperti halnya pada roda gigi pada transmisi manual.
Kecendenderungan masyarakat untuk menggunakan transmisi otomatis semakin meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini, khususnya untuk mobil-mobil mewah, bahkan type-type tertentu sudah seluruhnya menggunakan transmisi otomatis. Kenderungan yang sama terjadi juga pada sepeda .
Transmisi otomatik dikendalikan dengan hanya menggerakkan tuas percepatan ke posisi tertentu. Posisi tuas transmisi otomatik disusun mengikut format P-R-N-D-3-2-L, sama ada dari kiri ke kanan ataupun dari atas ke bawah. Mesin hanya bisa dihidupkan pada posisi P ataupun N saja.
Umumnya moda transmisi otomatik adalah seperti berikut:
  • P (Park) adalah posisi untuk kendaraan parkir, Transmisi terkunci pada posisi ini sehingga kendaraan tidak bisa didorong.
  • R (Reverse) adalah posisi untuk memundurkan kendaraan.
  • N (Neutral) adalah posisi gir netral, hubungan mesin dengan roda dalam keadaan bebas.
  • D (Drive) adalah posisi untuk berjalan maju pada kondisi normal.
  • 2/S (Second) adalah posisi untuk berjalan maju di medan pegunungan .
  • 1/L (Low) adalah posisi maju pada gir ke satu, hanya digunakan pada saat mengendarai pada medan yang sangat curam.
Sedangkan opsionalnya adalah :
  • 3 adalah posisi untuk berjalan maju dan transmisi tidak akan berpindah pada posisi top gear.
  • O/D (Over Drive) adalah posisi supaya perpindahan gir pada transmisi terjadi pada putaran mesin yang lebih tinggi.
  • SUMBER: http://id.wikipedia.org/wiki/Transmisi_otomatis

APA ITU TRIPTONIC ??

Bagaimana Apakah Kerja Transmisi Tiptronic? 
 Tujuan
   
1. Sebuah transmisi tiptronic adalah transmisi otomatis yang dapat dikendalikan seperti transmisi manual. Dalam standar transmisi otomatis, komputer akan memilih yang gigi mobil harus beroperasi, tapi transmisi tiptronic memberikan kendali ini untuk sopir. Nama "Tiptronic" diciptakan oleh Porsche, yang membuat transmisi seperti pertama, tetapi juga dapat mengacu pada sistem transmisi yang sama dari produsen lain.
      
Otomatis Dengan Rasakan Manual
   
2. Tujuan dari sistem transmisi tiptronic adalah untuk memberikan kontrol yang lebih pengemudi kinerja mobil dan perkiraan terasa seperti transmisi manual, sementara menjaga mobil semudah mengemudi sebagai otomatis. pembuat mobil telah berusaha untuk merancang sebuah transmisi manual yang dilakukan seperti otomatis, namun pendekatan tiptronic lebih berhasil.
      
Operasi
   
3. Dalam berkendara biasa, fungsi transmisi tiptronic seperti transmisi otomatis, dan dapat pindah gigi tanpa kendali pengemudi. Ketika pengemudi akan mengaktifkan sistem tiptronic, transmisi berhenti bergeser secara otomatis, dan bergantung pada sopir untuk mengubah gigi. Biasanya sopir kontrol roda gigi dengan dayung-shifter, yang pengungkit kecil yang terletak di roda kemudi. Satu shift mendayung gigi atas ke gigi yang lebih tinggi, sementara yang lain bergeser ke gigi yang lebih rendah.
      
Mengemudi Dengan Tiptronic
   
4. sistem transmisi Tiptronic juga sering fitur pengaturan khusus, seperti kinerja pengaturan di mana pergeseran transmisi otomatis gigi di RPM yang lebih tinggi untuk mensimulasikan perasaan mobil sport. Banyak produsen utama menggunakan transmisi tiptronic atau sistem lain yang serupa dalam beberapa model mereka, termasuk Chrysler dan Volkswagen.  
 (SUMBER: http://en.wikipedia.org/wiki/Automatic_transmission)